February 1, 2019 by Admin

We Have A Ramadhan Promo Avail Now!

Batik Tambal Jogja, Kaya Akan Warna Cerah

Batik Tambal Jogja, Kaya Akan Warna Cerah

Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah digunakan sejak dahulu kala. Dulu batik sangat umum digunakan sebagai pakaian sehari-hari masyarakat Indonesia. Penggunaan kain batik biasanya akan dikombinasikan dengan kebaya ataupun pakaian adat lainnya.

Kata batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau matik. Kedua kata tersebut berkembang menjadi istilah batik yang dapat diartikan sebagai membuat titik-titik pada kain yang lebar. Batik juga diartikan secara lebih umum sebagai kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain.

Kesan batik kini tidak lagi kuno, namun lebih elegan dan berkelas. Tidak hanya dijadikan bahan pakaian, kain batik atau motif batik pun kini sudah mulai diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah, seperti pada sofa, furnitur kayu, karpet, bantal, dan lain sebagainya.

Salah satunya motif Tambal Jogja, motif batik Tambal memiliki makna menambal hal-hal rusak. Yup, manusia diharapkan dapat memperbaiki diri (Lahir dan batin) untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Motif tambal terkesan lebih playful dengan memadukan berbagai motif kedalam satu kain. Nggak hanya hadir dengan warna putih, coklat soga, maupun biru tua kini di era modern motif Tambal hadir dengan warna-warna cerah.

 

Reference:

https://www.popbela.com/fashion/style-trends/lindyra-cesara/macam-macam-batik-jogja-dan-maknanya-1/full

picture www.wikipedia.id