February 1, 2019 by Admin

We Have A Ramadhan Promo Avail Now!

Motif Batik Kawung, Sejarah dan Maknanya

Di Indonesia, terdapat banyak motif batik. Karena setiap daerah, mempunyai ciri khasnya masing masing. Selain itu, motifnya juga sangat beragam bentuknya. Tiap motif kain batik juga mempunyai sejarahnya sendiri. Bahkan, beberapa di antaranya dulu hanya boleh digunakan oleh kaum bangsawan atau kerajaan.

Ya, seperti halnya Sultan, Raja dan Permaisuri. Namun, dengan dengan waktu yang semakin berjalan. semua motif batik di Indonesia ini bisa digunakan oleh semua kalangan tanpa pengecualian. Bahkan, batik juga tidak lagi diidentifikasi sebagai pakaian orang-orang tua di acara-acara formal.

Karena, kini penggunaan batik juga bisa dilakukan pada acara-acara semi formal dan juga aca-acara kasual. Hal ini tidak lepas dari perkembangan fashion dan juga kain batik itu sendiri. Sehingga kain batik bisa semakin dinikmati dan dikagumi oleh semua kalangan usia.

Aneka motif batik terpopuler yang ada di Indonesia dan filosofi maknanya masing-masing, tentunya mempunyai maknanya masing-masing yang pastinya berbeda dengan daerah satu ke daerah lainnya. dengan kata lain, batik tidak sekedar kain bermotif namun mempunyai makna mendalam yang berbeda satu sama lain.

Salah satunya, motif batik khas Jogja lainnya ialah Kawung. Bentuk lonjong pada motif Kawung ini dikaitkan dengan buah kolang-kaling yang berasal dari pohon palem atau aren. Disebut-sebut 4 detail lonjong tersebut melambangkan 4 arah angin yakni:

  1. Timur (Matahari terbit merupakan lambang sumber kehidupan)
  2. Utara (Gunung merupakan lambang tempat tinggal para dewa, tempat roh/kematian)
  3. Barat (Matahari terbenam memiliki makna turunnya keberuntungan)
  4. Selatan (Zenit memiliki makna puncak segalanya)

Motif batik Kawung telah hadir sejak abad ke-13, awalnya motif tersebut hanya dapat dikenakan oleh keluarga kerajaan yang masuk kedalam motif larangan seperti, motif Parang. Namun seiring perkembangan zaman, batik motif Kawung semakin luas sehingga dapat diandalkan oleh masyarakat umum.

Itulah makna motif batik khas Jogja, Kawung. Semoga bermanfaat.

 

Reference:

https://www.popbela.com/fashion/style-trends/lindyra-cesara/macam-macam-batik-jogja-dan-maknanya-1/full

picture infobatik.id